TIPS MEMILIH JASA DESAIN GRAFIS UNTUK BISNIS ANDA




Mengingat pentingnya peran desain grafis dalam menunjang pemasaran, para pebisnis atau pemilik usaha mencari tenaga khusus desain grafis untuk dipekerjakan. Masing-masing perusahaan memiliki pilihannya masing-masing. Ada perusahaan yang merekrut staff desain grafis secara full time atau part time dan ada pula yang menggunakan jasa desain grafis dari eksternal atau outsourcing.

Nah, bagaimana Anda bekerjasama dengan desainer grafis yang tepat dan maksimal? Berikut adalah tips untuk Memilih Jasa Desain Grafis untuk Bisnis dan membantu anda menemukan yang tepat untuk investasi pemasaran anda.

1.      Pahami Kebutuhan Anda

Jika telah ada Strategi Pemasaran (Marketing Plan), akan sangat membantu. Namun jika belum ada, buatlah daftar sederhana mengenai kebutuhan marketing apa saja yang dibutuhkan, jangka pendek maupun jangka panjang. Sebagai contoh, jika anda memulai sebuah usaha, jangka pendeknya adalaha logo perusahaan. Jangka panjang bisa seperti mencetak kampanye iklan, website atau materi promosi lainnya. Menjabarkan kebutuhan anda (sekaligus seberapa banyak investasi uang yang akan dikeluarkan) akan mengarahkan anda ke agensi kreatif, studio desain atau freelance designer.

2.      Kenali Profil Desain Grafis
Mengenali profil desain studio atau desainer grafis merupakan langkah pertama dalam memilih jasa desain grafis. Profil mereka dapat ditemukan di situs atau deskripsi singkat yang mereka tampilkan pada website atau akun sosial media. Perhatikan pula apakah mereka bekerja secara tim atau desainer grafis yang bekerja secara individu. Tidak jadi soal apakah sobat memilih creativeagency atau desainer grafis individu. Yang jelas, mereka dipilih karena memang ada kecocokan untuk diajak kerjasama.

3.      Ketahui Klien Yang Pernah Bekerjasama
Studio desain atau desainer grafis yang menyediakan layanan desain pasti menampilkan beragam portfolio atau hasil karya yang pernah mereka kerjakan. Nah, dari situ sobat bisa mengetahui klien mana saja yang pernah bekerjasama dengan mereka. Jika mereka pernah bekerjasama dengan perusahaan atau brand yang kamu kenal, tentu mereka memiliki nilai lebih tersendiri.

4.      Pahami alur kerja yang diterapkan


Alur kerja studiodesain atau desainer grafis dalam melakukan pekerjaannya perlu sobat pahami agar tidak kerepotan dalam mengontrol kinerja mereka. Sobat perlu menentukan tenggat waktu pekerjaan pada mereka. Dan, pastikan pula bahwa mereka bisa memenuhi deadline yang ditentukan supaya pekerjaan tidak molor dan selesai pada waktunya. Selain itu, ketahui apakah mereka menerapkan fee setiap kali ada revisi atau alternatif desain pada proyek yang dikerjakan.

5.    Harga

Ingat bahwa ini adalah investasi jangka panjang yang sangat berharga. Desain yang kamu gunakan akan menjadi identitas bisnis kamu dan sangat berkaitan erat dengan karakteristik dan reputasi kamu. Jika ingin hasil yang luar biasa, tentu harga akan sedikit mahal. Jika ingin desain yang berkualitas namun harga terjangkau.

Komentar

Postingan Populer