CARA MEMBENTUK BRAND IDENTITY



Di era ini, brand tidak hanya sekedar menjadi sebuah merk produk atau logo perusahaan. Namun kini Brand dapat menjadi suatu hal vital karena akan sangat mempengaruhi kelangsungan suatu produk barang/jasa. Maka tak jarang, dalam menentukan brand, perusahaan dengan skala kecil maupun besar akan benar-benar memikirkannya tak sekedar branding akan tetapi juga brand identity.
Menurut Charlene Li dan Josh Bernoff dalam bukunya mengatakan bahwa brand adalah apa yang konsumen katakan mengenai produk yang dimiliki perusahaan. Sedangkan Brand Identity merupakan elemen kasat mata dari sebuah brand yang menyampaikan karakter, komitmen dan nilai-nilai produk sebuah perusahaan agar dapat dipahami oleh konsumen melalui aspek warna, simbol atau tipologi. Brand identity yang kuat tidak bisa didapatkan secara instan, karena akan berkenaan dengaan reputasi, dan karakter perusahaan itu sendiri. Perlu adanya suatu komitmen dan konsistensi perusahaan terhadap produk brand yang dihasilkan.
Langkah-langkah Membentuk Brand Identity :
1.    Strategi dan Konsep
Strategi dan konsep harus dipersiapkan sejak dini, sehingga kita tahu arah dan tujuan perusahaan yang ingin disampaikan melalui brand seperti apa.
2.    Perhatikan Kompetitor
Kehadiran kompetitor nyatanya tidak selalu berdampak negatif, contohnya saja anda bisa menjadikan kompetitor sebagai tolak ukur dan motivasi agar bisa menjadi lebih baik lagi dalam membangun brand produk perusahaan. Pastikan produk memiliki ciri khas tersendiri yang mudah diterima masyarakat.
3.    Jangan Hanya Andalkan Logo
Tidak hanya difungsikan sebagai tanda pengenal sebuah produk, tetapi logo juga harus memiliki nilai-nilai yang tertanam kuat. Sehingga nantinya dapat membawa dampak positif baik bagi konsumen maupun stakeholder yang bersangkutan.
4.    Strategi Media Sosial
Kini media sosial memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap keberlangsungan brand identity. Maka dari itu banyak perusahaan yang berlomba-lomba membangun produknya melalui media sosial.
5.    Perhatikan Penampilan
Pemilihan warna, kualitas gambar, jenis huruf, warna, packaging dan lain-lain akan membantu konsumen untuk mengidentifikasi, mengasosiasi, merasakan, hingga akhirnya dapat memahami pesan yang disampaikan produk dengan baik.

Komentar

Postingan Populer