TIPS MEMBUAT COMPANY PROFILE




               Company profile (Profil perusahaan) adalah laporan yang memberikan gambaran tentang sejarah, status saat ini, dan tujuan masa depan dalam sebuah bisnis. Sebuah profil perusahaan bisnis dapat sesingkat satu halaman, atau mengandung data yang cukup untuk mengisi beberapa halaman.

Setiap perusahaan sudah pasti membutuhkan pencitraan yang baik. Karena citra baik itulah yang akan menjadi modal awal memikat pelanggan, mitra kerja, karyawan, dan juga investor. Adapun Anda bisa membuat company profile yang dapat mencitrakan bahwa perusahaan yang dimiliki berkualitas dan berkredibilitas tinggi. Bagaimana caranya? Berikut ini langkah-langkah membuat company profile :

1.      Membangun Hal Dasar Sebagai Fondasi

Untuk membuat company profile, maka anda wajib memperhatikan hal dasar yang akan dijadikan pondasi. Anda bisa memulai dengan menuliskan latar belakang perusahaan, dalam latar belakang tersebut anda bisa menguraikan secara singkat sejarah, tujuan, visi, dan misi perusahaan. Sebagai catatan, usahakan untuk tidak membuang waktu terlalu lama menjelaskan sejarah. Pasalnya ada info yang lebih penting yang harus diperhatikan dalam cara membuat company profile, seperti bidang yang digeluti perusahaan atau produk yang dihasilkan.

2.      Informasikan Perusahaan
Dalam company profile yang baik anda harus menjelaskan bagaimana perusahaan anda ber fungsi dan bekerja. Cara termudah dalam mendeskripsikan profil perusahaan anda adalah dengan berbicara bentuk bisnis anda. Anda bisa berbicara aspek demografi (spesifikasi usaha, target market dan lain-lain) agar company profile anda mendapatkan nilai tambah di perkembangan pasar.

3.      Produk/Jasa Yang di Tawarkan
Orang mengenal lebih banyak tentang kemampuan Anda ketika mereka mencari tahu tentang penawaran Anda. Pastikan untuk menyertakan deskripsi yang tepat sehingga pihak yang berkepentingan dapat dengan jelas memilih produk/jasa yang mereka butuhkan

4.      Elemen Grafis dan Chart

Cara membuat company profile agar berkesan profesional selanjutnya yaitu dengan menambahkan elemen design grafis dan chart pendukung. Representasi visual seringkali bernilai efektif dalam menyuguhkan data yang mudah dipahami. Secara tidak langsung cara penyuguhan data yang tidak monoton berupa tulisan saja juga menambah kredibilitas profil perusahaan.
 
5.      Target Pasar Perusahaan
Orang ingin tahu apakah perusahaan Anda berada di posisi terbaik untuk memenuhi kebutuhan mereka. Jika Anda memberitahu mereka siapa Anda atau siapa yang Anda layani sekarang, kemudian, mereka dengan mudah dapat mengetahui apakah mereka cocok dengan target pasar Anda

6.      Kontak Perusahaan
Orang mungkin perlu untuk segera menghubungi Anda . Sediakan semua informasi yang diperlukan dalam profil perusahaan Anda. Cantumkan nama lengkap perusahaan Anda, badan hukum perusahaan Anda, termasuk alamat website/e-mail  dan nomor kontak yang dapat di hubung

Komentar

Postingan Populer