TIPS MEMBUAT COMPANY PROFILE
Company profile (Profil
perusahaan) adalah laporan yang memberikan gambaran tentang
sejarah, status saat ini, dan tujuan masa depan dalam sebuah bisnis. Sebuah
profil perusahaan bisnis dapat sesingkat satu halaman, atau mengandung data
yang cukup untuk mengisi beberapa halaman.
Setiap perusahaan sudah pasti
membutuhkan pencitraan yang baik. Karena citra baik itulah yang akan menjadi
modal awal memikat pelanggan, mitra kerja, karyawan, dan juga investor. Adapun
Anda bisa membuat company profile
yang dapat mencitrakan bahwa perusahaan yang dimiliki berkualitas dan
berkredibilitas tinggi. Bagaimana caranya? Berikut ini langkah-langkah membuat company profile :
1. Membangun Hal Dasar Sebagai Fondasi
Untuk
membuat company profile, maka anda
wajib memperhatikan hal dasar yang akan dijadikan pondasi. Anda bisa memulai
dengan menuliskan latar belakang perusahaan, dalam latar belakang tersebut anda
bisa menguraikan secara singkat sejarah, tujuan, visi, dan misi perusahaan.
Sebagai catatan, usahakan untuk tidak membuang waktu terlalu lama menjelaskan
sejarah. Pasalnya ada info yang lebih penting yang harus diperhatikan dalam
cara membuat company profile, seperti
bidang yang digeluti perusahaan atau produk yang dihasilkan.
2.
Informasikan Perusahaan
Dalam company
profile yang baik anda harus menjelaskan bagaimana perusahaan anda ber
fungsi dan bekerja. Cara termudah dalam mendeskripsikan profil
perusahaan anda adalah dengan berbicara bentuk bisnis anda. Anda bisa
berbicara aspek demografi (spesifikasi usaha, target market dan lain-lain)
agar company profile anda
mendapatkan nilai tambah di perkembangan pasar.
3. Produk/Jasa Yang di
Tawarkan
Orang mengenal lebih banyak tentang
kemampuan Anda ketika mereka mencari tahu tentang penawaran Anda. Pastikan
untuk menyertakan deskripsi yang tepat sehingga pihak yang berkepentingan dapat
dengan jelas memilih produk/jasa yang mereka butuhkan
4. Elemen Grafis dan Chart
Cara
membuat company profile agar berkesan
profesional selanjutnya yaitu dengan menambahkan elemen design grafis dan chart
pendukung. Representasi visual seringkali bernilai efektif dalam menyuguhkan
data yang mudah dipahami. Secara tidak langsung cara penyuguhan data yang tidak
monoton berupa tulisan saja juga menambah kredibilitas profil perusahaan.
5. Target Pasar Perusahaan
Orang ingin tahu apakah perusahaan
Anda berada di posisi terbaik untuk memenuhi kebutuhan mereka. Jika Anda
memberitahu mereka siapa Anda atau siapa yang Anda layani sekarang, kemudian,
mereka dengan mudah dapat mengetahui apakah mereka cocok dengan target pasar
Anda
6.
Kontak Perusahaan
Orang mungkin perlu untuk segera
menghubungi Anda . Sediakan semua informasi yang diperlukan dalam profil
perusahaan Anda. Cantumkan nama lengkap perusahaan Anda, badan hukum perusahaan
Anda, termasuk alamat website/e-mail dan nomor kontak yang dapat di
hubung
Komentar
Posting Komentar