PERBEDAAN MARKETING DAN SALES



Sales (Penjualan/Selling)
Sales adalah proses penjualan dengan teknik marketing praktis (lebih fokus memuaskan individu sendiri/produk).

Marketing(pemasaran)
Marketing adalah proses pemasaran dengan mengunakan ide-ide kreatif berdasarkan hasil riset/analisa terhadap tren keinginan konsumen.Marwan (1991 : 15), menjelaskan bahwa pemasaran adalah usaha yang terpadu untuk merencanakan strategi yang diarahkan pada usaha pemuasan kebutuhan dan keinginan pembeli, guna mendapatkan penjualan yang menghasilkan laba.

Memang keduanya sama-sama bertujuan untuk “Jualan” Perbedaannya, adalah sales benar-benar berjualan dalam arti yang sebenarnya yakni mendatangkan uang. Sales berusaha membuat transaksi: memindahkan uang dari kantong konsumen masuk ke kas perusahaan. Key Performance Indicator (KPI) utamanya adalah target penjualan.
Jika diuraikan secara terperinci perbedaan marketing dan sales adalah sebagai berikut ini:

1.      Dilihat Dari Fokusnya
Fokus marketing lebih berat dibanding dengan sales, karena marketing memiliki cangkupan yang lebih luas. Marketing berfokus pada seluruh kegiatan bisnis. Sales hanya berfokus pada penjualan suatu produk guna meningkatkan penjualan, dimana seorang sales biasanya memiliki target penjualan yang harus dipenuhi. Marketing juga memprioritaskan hubungan jangka panjang dengan pelanggan sebagai loyalitas sedangkan sales hanya menjaga target penjualannya, tidak memikirkan bagaimana menjaga hubungan dengan pelanggan kedepannya. Hubungan sales dengan pelanggan hanya sebatas pada waktu proses jual belinya saja, sedangkan marketing hubungannya dengan pelanggan dari awal hingga akhir.

2.      Sasaran
Marketing lebih memikirkan dan menentukan siapa sararan yang tepat untuk produknya dan memikirkan bagaimana strategi yang tepat untuk menjangkau sasaran tersebut, sedangkan sales tidak memikirkan apakah dia menjual pada sasaran yang tepat atau tidak, karena sekali lagi fokusnya hanya pada peningkatan penjualan. Sales lebih ke pelaksanaannya semua yang memikirkan siapa dan bagaimana sasaran adalah marketing.

3.      Strategi
Marketing memiliki strategi khusus dalam menarik perhatian target pasar. Seorang marketing selalu memperhatikan setiap kemungkinan yang terjadi, sedangkan sales merupakan salah satu bagian dari promosi yang dapat meningkatkan target penjualan dan tidak memikirkan faktor lain yang dapat membantu menunjang pemasarannya. Dalam strategi marketing harus sesuai dengan 4P atau bahkan ada yang hingga 7P yaitu product (produk), price (harga), people (orang), promotion (promosi), process (proses), place (tempat), dan juga physical evidence (bukti fisik).

Komentar

Postingan Populer