PERBEDAAN MARKETING DAN SALES
Sales (Penjualan/Selling)
Sales adalah proses penjualan dengan teknik marketing praktis (lebih
fokus memuaskan individu sendiri/produk).
Marketing(pemasaran)
Marketing adalah proses pemasaran dengan
mengunakan ide-ide kreatif berdasarkan hasil riset/analisa terhadap tren
keinginan konsumen.Marwan (1991 : 15), menjelaskan bahwa pemasaran adalah usaha
yang terpadu untuk merencanakan strategi yang diarahkan pada usaha pemuasan
kebutuhan dan keinginan pembeli, guna mendapatkan penjualan yang menghasilkan
laba.
Memang
keduanya sama-sama bertujuan untuk “Jualan” Perbedaannya,
adalah sales benar-benar berjualan dalam arti yang sebenarnya yakni
mendatangkan uang. Sales berusaha membuat transaksi: memindahkan uang dari
kantong konsumen masuk ke kas perusahaan. Key Performance Indicator (KPI)
utamanya adalah target penjualan.
Jika
diuraikan secara terperinci perbedaan marketing dan sales adalah sebagai
berikut ini:
1. Dilihat Dari Fokusnya
Fokus
marketing lebih berat dibanding dengan sales, karena marketing memiliki
cangkupan yang lebih luas. Marketing berfokus pada seluruh kegiatan bisnis.
Sales hanya berfokus pada penjualan suatu produk guna meningkatkan penjualan,
dimana seorang sales biasanya memiliki target penjualan yang harus dipenuhi.
Marketing juga memprioritaskan hubungan jangka panjang dengan pelanggan sebagai
loyalitas sedangkan sales hanya menjaga target penjualannya, tidak memikirkan
bagaimana menjaga hubungan dengan pelanggan kedepannya. Hubungan sales dengan
pelanggan hanya sebatas pada waktu proses jual belinya saja, sedangkan
marketing hubungannya dengan pelanggan dari awal hingga akhir.
2.
Sasaran
Marketing
lebih memikirkan dan menentukan siapa sararan yang tepat untuk produknya dan
memikirkan bagaimana strategi yang tepat untuk menjangkau sasaran tersebut,
sedangkan sales tidak memikirkan apakah dia menjual pada sasaran yang tepat
atau tidak, karena sekali lagi fokusnya hanya pada peningkatan penjualan. Sales
lebih ke pelaksanaannya semua yang memikirkan siapa dan bagaimana sasaran
adalah marketing.
3.
Strategi
Marketing
memiliki strategi khusus dalam menarik perhatian target pasar. Seorang
marketing selalu memperhatikan setiap kemungkinan yang terjadi, sedangkan sales
merupakan salah satu bagian dari promosi yang dapat meningkatkan target
penjualan dan tidak memikirkan faktor lain yang dapat membantu menunjang
pemasarannya. Dalam strategi marketing harus
sesuai dengan 4P atau bahkan ada yang hingga 7P yaitu product (produk), price
(harga), people (orang), promotion (promosi), process (proses), place (tempat),
dan juga physical evidence (bukti fisik).
Komentar
Posting Komentar