TIPS STRATEGI PEMASARAN PRODUK




Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan, karena potensi untuk menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal tersebut.
Berikut adalah sebuah strategi pemasaran produk yang dapat anda lakukan dengan menyediakan atau membuat hal-hal berikut ini :
1.      Manfaatkan Teknologi
Dengan metode penggunaan media sosial daninternet yang tepat, maka pendekatan yang akan Anda lakukan menjadi lebih personal dan juga menjadi ‘lebih dekat’ dengan target market. Produk Anda juga akan semakin luas dilihat banyak orang. Semakin banyak dan semakin sering Anda menampilkan promo produk di sosial media, semakin banyak khalayak internet yang melihatnya.

2.      Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan
Pelanggan adalah aset yang paling berharga, perlakukan pelanggan degnan sebaik mungkin. Jalinlah hubungan baik dengan konsumen, dengan cara menanggapi feedback dan masukan dari mereka. Mintailah testimoni-testimoni tentang produk Anda, dan sesekali berilah reward misal berupa diskon karena telah menjadi pelanggan setia.
Hal ini sangat penting untuk menjalin kedekatan psikologis dengan pelanggan. Pelanggan akan merasa dihargai dan dibutuhkan, efeknya? Mereka dengan senang hati untuk mereferensikan produk Anda kepada orang-orang yang ditemuinya.
3.      Menjadi Sponsor Acara atau Lomba
Menjadi salah satu penyelenggara kontes atau menjadi sponsor dalam salah satu kontes yang sedang direncanakan adalah ide strategi pemasaran produk yang baik.
Dengan menampilkan logo Anda pada kontes atau perlombaan tersebut, maka brand yang akan Anda promosikan akan dikenal oleh peserta lomba.
Selain itu, tidak jarang seseorang mencoba produk sebuah minuman atau makanan yang menjadi sponsor sebuah acara. Mengapa?
Karena hanya produk makanan atau minuman itulah yang dijual selama penyelenggaraan acara.
Jadi, apabila Anda ingin memasarkan sebuah produk ke kalangan baru, menjadi sebuah sponsor sebuah acara atau lomba merupakan salah satu cara yang efektif

4.      Memberikan Sample Produk
Sering kita jumpai kadang di pasar dan swalayan kita, diminta mencicipi produk tertentu, seperti susu atau cemilan. Nah bagi bagi produk sample ini juga adalah cara pemasaran produk yang efektif. Membagikan sample gratis dengan di barengi menawarkan promo yang sedang berjalan, membuat daya tarik untuk calon konsumen. Jika memang pembeli menyukai rasanya pasti akan langsung tertarik untuk membeli produk kita.

5.      Membuat Promosi Produk
Selain dengan beberapa cara pemasaran produk diatas, cara dengan menggunakan barang promosi juga bisa Anda jalankan. Namun hal ini membutuhkan budget dana yang lebih guna membuat semacam merchandise untuk usaha Anda, Anda dapat mencetak kaos, topi, gantungan kunci, pulpen, dan pembatas buku misalnya. Serta dibarengi promo misalnya beli 2 pcs dapat bonus gantungan kunci, beli 3 pcs berhadiah kaos dan sebagainya. Hal ini membuat konsumen senang dan akan membeli lebih banyak lagi dan lagi .

6.      Pemilihan Tempat Yang Tepat Untuk Produk
Selain pemasaran produk ke target market yang tepat, penempatan produk yang baik juga sangatlah penting.
Misalnya, apabila Anda membuka usaha tempat makan, akan sangat mengundang pembeli apabila anda memilih tempat yang dekat dengan kantor, kampus, sekolah dll.
Dengan memanfaatkan tempat yang strategis pun bisa membuat produk atau usaha anda lebih diminati.

7.      Produk Yang Berkualitas dan Menarik
Menjual produk berkualitas merupakan cara pemasaran produk yang efektif karena hal ini akan membantu mendongkrak produk anda agar melejit lebih jauh. Dan dengan memberikan kemasan yang menarik strategi pemasaran produk dapat meraih pelanggan dengan cepat kerena kemasan yang bagus dan sesuai akan dikenal dan mudah di ingat banyak orang.

8.      Mintalah Testimonial dari Pelanggan Anda
Mintalah Testimonial dari pelanggan Anda yang merasa puas dengan produk yang Anda jual. Hal itu dapat mempengaruhi masyarakat lain, karena adanya pengalaman yang positif dari orang lain, keyakinan akan produk Anda dapat semakin berkembang.



Komentar

Postingan Populer