MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMASARAN DAN BAURAN PEMASARAN TERINTEGRASI
Marketing Mix di lini bisnis saat ini telah
menjadi alat pemasaran taktis terkendali. Dimana empat elemen utama yaitu 4P
(Produk, Place, Price, Promotion) akan dipadukan perusahaaan untuk menghasilkan
respons yang diiginkan di segmentasi pasar yang dituju.
Bauran Pemasaran (4P) :
- Produk (Product)
Produk
merupakan barang atau jasa yang ditawarkan perusahaan meliputi ragam, kualitas,
desain, fitur, nama merek dan kemasan produk
- Harga (Price)
Ketika
pelanggan tertarik untuk menggunakan produk yang dimiliki perusahaan, maka
konsumen harus mengeluarkan sejumlah uang untuk mendapatkannya, maka dari itu
harga meliputi harga produk, diskon, potongan harga, metode pembayaran dan
persyartaan kredit
- Tempat (Place)
Aspek
ini meliputi lokasi, saluran distribusi, persediaan, transportasi dan logistik
- Promosi(Promotion)
Promosi
merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan pesan prodk
serta membujuk pelanggan untuk pada akhinya membeli produk yang dimiliki
perusahaan, meliputi iklan dan promosi.
Dalam
promosi, perpaduan tiga elemen sebelumnya menjadi penting untuk
dipertimbangkan; mengingat bahwa antar elemen dalam bauran pemasaran ini
memiliki keterikatan satu dengan lainnya. Keberhasilan promosi dapat diukur
dari sejauh mana konsumen atau masyarakat dapat menerima nilai-nilai atau pesan
yang dibawa oleh produk perusahaan, dan yang utama adalah adanya peningkatan
penjualan produk oleh konsumen.
SumberReferensi:
“Prinsip-prinsip
Pemasaran” oleh Philip Kotler & Gary Armstrong. 2008., edisi 12. Penerbit
Erlangga Jakarta
Komentar
Posting Komentar