MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMASARAN DAN BAURAN PEMASARAN TERINTEGRASI




Marketing Mix di lini bisnis saat ini telah menjadi alat pemasaran taktis terkendali. Dimana empat elemen utama yaitu 4P (Produk, Place, Price, Promotion) akan dipadukan perusahaaan untuk menghasilkan respons yang diiginkan di segmentasi pasar yang dituju.

Bauran Pemasaran (4P) :
  • Produk (Product)
Produk merupakan barang atau jasa yang ditawarkan perusahaan meliputi ragam, kualitas, desain, fitur, nama merek dan kemasan produk
  • Harga (Price)
Ketika pelanggan tertarik untuk menggunakan produk yang dimiliki perusahaan, maka konsumen harus mengeluarkan sejumlah uang untuk mendapatkannya, maka dari itu harga meliputi harga produk, diskon, potongan harga, metode pembayaran dan persyartaan kredit
  • Tempat (Place)
Aspek ini meliputi lokasi, saluran distribusi, persediaan, transportasi dan logistik
Promosi merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan pesan prodk serta membujuk pelanggan untuk pada akhinya membeli produk yang dimiliki perusahaan, meliputi iklan dan promosi.
Dalam promosi, perpaduan tiga elemen sebelumnya menjadi penting untuk dipertimbangkan; mengingat bahwa antar elemen dalam bauran pemasaran ini memiliki keterikatan satu dengan lainnya. Keberhasilan promosi dapat diukur dari sejauh mana konsumen atau masyarakat dapat menerima nilai-nilai atau pesan yang dibawa oleh produk perusahaan, dan yang utama adalah adanya peningkatan penjualan produk oleh konsumen.

SumberReferensi: 
“Prinsip-prinsip Pemasaran” oleh Philip Kotler & Gary Armstrong. 2008., edisi 12. Penerbit Erlangga  Jakarta

Komentar

Postingan Populer