Penamaan Brand berkualitas
Bagaimana
kualitas penamaan yang efektive?
Ada
beberapa kategori yang dapat dipakai untuk membuat penamaan yang efektif.
Berikut adalah beberapa kategori yang dapat dijadikan acuan untuk membuat nama
yang efektif.
o Meaningful.
Nama yang dipilih harus berkualitas yang menandakan pentinya Brand tersebut. Keseriusan pemeberian
nama juga membangun kepercayaan konsumen.
o Distinctive.
Keunikan nama dapat membius konsumen. Orang akan mudah mengingat dan mampu
membedakan karena adanya keunikan tersebut.
o Future-oriented. Menposisikan
perusahaan untuk terus bertumbuh dan semakin sukses.
o Modular.
Memungkinan untuk memperluas brand perusahaan dengan mudah.
o Protectable.
Dapat dimiliki dan dilabel sebagai produk perusahaan ( lisensi).
o Positive.
Memiliki pandangan yang baik di pasar.
o Visual.
Memberi gambar visual seperti logo, text,
dan brand architecture.
o Founder
: Nama yang digunakan adalah nama orang yang mencetuskan
o Descreptive
: Menggunkan kalimat yang komunikatif yang mengutarakan tujuan dari suatu
perusahaan. Seperti: Find Great People, Toys "R" Us.
o Fabricated
: Menggunakan nama produk yang dijual. Seperti: Nokia, Samsung, Ponds.
o Metaphor
: Menggunakan nama benda, tempat, orang, hewan, proses, bahasa asing dalam
penamaan perusahaan.
o Acronym
: Menggunakan huruf yang mana merupakan singkatan dari nama asli perusahaan,
sehingga nama singkatan menjadi lebih terkenal dan dijadikan nama perusahaan.
Namun penamaan ini memiliki kecenderungan untuk susah dihafal dan susah untuk
dilisensi. Seperti CNN, USAA, DKNY.
o Magic Spell
: Penamaannya dibuat berbeda dari pengejaan hurufnya untuk menciptakan
keunikan. Seperti: NetFelix.
Komentar
Posting Komentar