CARA MEMBUAT STRATEGI MARKETING
Berbicara mengenai strategi marketing, ada 1001 cara yang bisa Anda dapatkan dari artikel-artikel bisnis di luaran sana. Tapi hanya sedikit yang bisa di jalankan, khususnya bagi pemula. Mungkin Anda juga cukup kesulitan untuk menjalankan prinsip marketing yang sudah menjadi pedoman Anda. Yang perlu anda perhatikan adalah :
1. Tentukan Tujuan Bisnis Anda
Untuk membuat strategi pemasaran yang berhasil anda perlu menentukan tujuan menyeluruh anda sehingga anda dapat menentukan seperangkat tujuan pemasaran untuk mendukung hal tersebut. Tujuan bisnis anda bisa saja seperti meningkatkan popularitas produk dan jasa yang anda tawarkan, menjual lebih bnyak produk dari supplier tertentu atau meningkatkan cakupan segmen pembeli yang baru.
Membuat tujuan sama saja seperti anda menetapkan sebuah
target sehingga anda dapat mengukur sendiri apa saja yang telah anda lakukan
untuk mendaptkan target tersebut. Untuk membuat tujuan bisnis anda perlu
diperhatikan kriteria SMART berikut:
- Specific (rinci) – Tentukan secara jelas apa yang ingin dicapai
- Measureable (terukur) – Mengatur langkah-langkah yang nyata sehingga hasilnya dapat terukur
- Achiveable (dapat dicapai) – Tentukan hal yang sesuai dengan kapasitas kemampuan dan biaya
- Relevant (sesuai) – Tentukan hal yang dapat meningkatkan aspek lain dalam bisnis anda
- Time-bound (terikat waktu) – Tentukan hal yang dapat anda capai dengan batas waktu yang anda butuhkan untuk mendapatkannya.
2. Lakukan Riset Pasar
Melakukan riset pasar merupakan bagian penting dari strategi
pemasran. Karena dari riset tersebut anda bisa mendapakan informasi terkait
pasar anda seperti ukuran, pertumbuhan, tren dan demografi (statistik pembeli
seperti usia, jenis kelamin dan tipe keluarga) sosialnya. Sehingga anda dapat mengatasi
perubahan yang terjadi didalam pasar dengan strategi pemasaran yang pas. (Baca
juga : Marketing Research Efektif)
3.
Ketahui
Siapa Pelanggan Potensial Anda
Melalui
riset pasar anda akan mengetahui profil pelanggan yang anda targetkan dan
kebutuhan yang dicari oleh mereka. Selain itu dari profil tersebut anda dapat
menemukan pola pembelian mereka seperti bagaimana mereka membeli, dimana dan
apa saja yang yang mereka beli. Tentu saja anda perlu update terhadap tren yang
digandrungi pembeli anda agar tidak melewatkan kesempatan atau apa yang anda
promosikan tidak sesui dengan tren yang ada. Jangan lupa juga untuk tetap
menjaga hubungan anda dengan pelanggan yang lama ketika mencari target pasar
yang baru.
4.
Ketahui
Siapa Pesaing Anda
Selain mengetahui siapa pelanggan
anda, tentu saja anda harus tahu siapa pesaing anda mulai dari produk apa saja
yang mereka jual, darimana mereka mendapat pasokan barang serta harga dan
strategi pemasaran mereka. Dengan menggunakan informasi tersebut anda dapat
menentukan keunggulan yang anda miliki yang membuat bisnis anda berbeda dari
pesaing anda. Anda juga dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam
pengelolaan bisnis anda sehingga kinerja anda dapat meningkat lebih baik dari
pesaing anda.
5.
Kembangkan
Strategi untuk Mendukung Pemasaran
Buatlah
daftar target pasar anda kemudian susun cara yang mampu untuk menarik perhatian
dan membuat mereka bertahan. Seperti memberikan contoh hasil dari produk anda
dapat menarik perhatian anak-anak muda terhadap produk anda. Dengan
strategi pemasaran yang sesuai dapat meningakatkan keberhasilan anda misalnya
secara teratur mengupdate barang dan jasa yang anda tawarkan melalui Facebook atau Twitter;
membuat iklan di majalah gaul untuk target anak muda; dan menawarkan diskon
untuk pelajar.
6.
Gunakan
“Marketing 7Ps”
Identifikasikan cara pada marketing
mix anda menggunakan Marketing 7Ps. Dengan menggunakan kombinasi marketing yang
tepat terkait Product(produk), Price(harga), Place(tempat), People(orang),
Process(Proses) dan Proof(bukti), strateg pemasaran anda akan semakin berhasil.
7.
Mencoba
Ide-ide Anda
Ketika menentukan cara yang pas,
lakukanlah beberapa riset online kemudian ujilah beberapa ide dan pendekatan
pada pelanggan dan tim anda setelah itu catat ide dan pendekatan mana yang
berhasil.Anda memerlukan beberapa cara yang berbeda untuk memenuhii kebutuhan
pelanggan, memenuhi target pasar dan meningkatkan hasil penjualan anda.
8. Menulis Strategi Pemasaran
Dengan
menulis strategi pemasaran anda akan membantu dalam membangun reputasi
yang kuat untuk produk yang anda tawarkan. Selain itu dengan menuliskannya
akan membantu anda untuk menargetkan produk dan jasa kepada orang-orang
yang paling mungkin membelinya.
Komentar
Posting Komentar