Mengenal tipografi untuk usaha

Dalam media promosi, tulisan menjadi hal penting dan unsur yang berfungsi untuk memberi informasi. Kejelasan sebuah tulisan yang dapat diukur dengan pemilihan jenis tulisan, ukuran tulisan, warna, dan peletakan tulisan. Memahami tulisan atau sering disebut dengan tipografi, akan membantu Anda dalam menyampaikan pesan kepada pembaca secara efektif dan menarik. 


Berikut adalah hal yang harus diperhatikan dalam tipografi:

1.      Ukuran tulisan
Ukuran standard yang mampu terbaca adalah 12 pt, lebih dari ukuran tersebut akan memudahkan pembaca melihat dari jarak yang jauh. Namun Anda harus menentukan media yang akan diberi tulisan, misalnya banner, brosur, billboard, dan lainnya. Bila jenis media promosi Anda adalah media yang bisa dipegang atau dibawa seperti brosur, maka minimal berukuran 12. Tetapi untuk ukuran yang dibaca di jalan seperti banner dan billboard, ukuran 12 tentu tidak akan tepat, mungkin tulisan akan berkisar paling kecil 30 atau 40 pt.

2.      Warna tulisan
Bagian ini yang mempengaruhi tingkat kenyamanan dan membangun kesan kepada pembaca. Tulisan yang memiliki warna kurang kontras dengan backgroundnya seperi putih dengan kuning, akan membuat pembaca kesulitan membaca atau tidak nyaman dibaca. Selain itu warna yang terlalu banyak akan membangun kesan yang tidak baik seperti murahan atau terlalu ramai. Gunakan warna tulisan yang senada atau memiliki kontras yang cukup.

3.      Jenis tulisan
Membangun suasana lewat tulisan adalah pengaruh dari jenis tulisan. Ada beberapa contoh yang dapat digambarkan dengan jelas, tulisan “ Kamu miliku “ yang ditulis dengan tulisan yang mengandung bercak darah dan yang satunya dituliskan dengan tulisan tegak bersambung.  Kesan jenis tulisan pertama membuat tulisan bermaka menyeramkan atau kepemilikan paksa, sedangkan jenis tulisan kedua berkesan seperti pesan cinta. Pemilihan jenis tulisan yang baik akan membangun presepsi pembaca.

Ketiga tips di atas dapat Anda pelajari dengan melihat banyak referensi media promosi yang ada. Anda dapat melihat atau menyimpan palet warna dari situs pencarian untuk tulisan yang ingin Anda buat. Dan Anda juga bisa dapat melihat atau mendownload jenis tulisan yang Anda suka, Anda dapat memberikan kepada desainer untuk membantu menciptakan media promosi  yang Anda inginkan atau Anda dapat membuatnya sendiri. Kebanyakan studio ternama, membuat jenis tulisan sendiri untuk beberapa event atau produk yang mereka ciptakan. Hal ini mereka lalukan untuk menciptakan kekhasan dan presepsi yang mereka inginkan. 

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memahami tipografi guna menarik perhatian dan meningkatkan efektifitas promosi atau produk Anda.

Komentar

Postingan Populer