Mengenal tipografi untuk usaha
Dalam media promosi, tulisan menjadi hal
penting dan unsur yang berfungsi untuk memberi informasi. Kejelasan sebuah
tulisan yang dapat diukur dengan pemilihan jenis tulisan, ukuran tulisan,
warna, dan peletakan tulisan. Memahami tulisan atau sering disebut dengan tipografi,
akan membantu Anda dalam menyampaikan pesan kepada pembaca secara efektif dan
menarik.
Berikut adalah hal yang harus
diperhatikan dalam tipografi:
1.
Ukuran
tulisan
Ukuran standard yang
mampu terbaca adalah 12 pt, lebih dari ukuran tersebut akan memudahkan pembaca
melihat dari jarak yang jauh. Namun Anda harus menentukan media yang akan
diberi tulisan, misalnya banner, brosur, billboard, dan lainnya. Bila jenis
media promosi Anda adalah media yang bisa dipegang atau dibawa seperti brosur,
maka minimal berukuran 12. Tetapi untuk ukuran yang dibaca di jalan seperti
banner dan billboard, ukuran 12 tentu tidak akan tepat, mungkin tulisan akan
berkisar paling kecil 30 atau 40 pt.
2.
Warna
tulisan
Bagian ini yang
mempengaruhi tingkat kenyamanan dan membangun kesan kepada pembaca. Tulisan
yang memiliki warna kurang kontras dengan backgroundnya seperi putih dengan
kuning, akan membuat pembaca kesulitan membaca atau tidak nyaman dibaca. Selain
itu warna yang terlalu banyak akan membangun kesan yang tidak baik seperti
murahan atau terlalu ramai. Gunakan warna tulisan yang senada atau memiliki
kontras yang cukup.
3.
Jenis
tulisan
Membangun suasana lewat
tulisan adalah pengaruh dari jenis tulisan. Ada beberapa contoh yang dapat
digambarkan dengan jelas, tulisan “ Kamu miliku “ yang ditulis dengan tulisan
yang mengandung bercak darah dan yang satunya dituliskan dengan tulisan tegak
bersambung. Kesan jenis tulisan pertama membuat
tulisan bermaka menyeramkan atau kepemilikan paksa, sedangkan jenis tulisan
kedua berkesan seperti pesan cinta. Pemilihan jenis tulisan yang baik akan
membangun presepsi pembaca.
Ketiga
tips di atas dapat Anda pelajari dengan melihat banyak referensi media promosi
yang ada. Anda dapat melihat atau menyimpan palet warna dari situs pencarian
untuk tulisan yang ingin Anda buat. Dan Anda juga bisa dapat melihat atau
mendownload jenis tulisan yang Anda suka, Anda dapat memberikan kepada desainer
untuk membantu menciptakan media promosi
yang Anda inginkan atau Anda dapat membuatnya sendiri. Kebanyakan studio
ternama, membuat jenis tulisan sendiri untuk beberapa event atau produk yang
mereka ciptakan. Hal ini mereka lalukan untuk menciptakan kekhasan dan presepsi
yang mereka inginkan.
Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memahami tipografi guna menarik perhatian
dan meningkatkan efektifitas promosi atau produk Anda.
Komentar
Posting Komentar