Apa itu branding?



Setiap hari kita dipertemukan dengan pilihan. Baik keputusan untuk beraktivitas atau pun memilih sesuatu. Seperti halnya, kita akan mengerjakan tugas, akan muncul pilihan apakah kita ingin mengerjakan tugasnya sekarang atau nanti. Bila nanti, apa yang akan kita lakukan sebelum mengerjakan tugas. Misalnya, kita ingin makan dahulu sebelum mengerjakan tugas. Lalu akan muncul pilihan lagi, makanan apa yang akan kita makan. Tanpa sadar kita setiap hari bahkan setiap detik memilih. Sama halnya dengan merek, setiap hari kita selalu menjumpai merek. Baik di rumah, di jalan, di sekolah, di kantor, di dunia maya, dan seterusnya. Bahkan bisa dikatakan setiap detik kita selalu berjumapa dengan merek. Merek ada di mana-mana, baik terlihat (barang) maupun tak terlihat (jasa). Kemudian akan muncul pertanyaan kenapa semuanya itu perlu diberi "nama" (merek), kenapa tidak dibiarkan saja kalau barang tersebut adalah nama umum mereka. Misalnya, hanya akan ada kata "hanpdhone" bukan "Nokia" atau "Samsung" atau "Apple". Untuk lebih rincinya, kita akan mengetahui definisi dan kerja dari merek itu sendiri, sehingga kita paham dengan pasti kenapa merek ini begitu penting hingga membanjiri kehidupan kita.

            Apa itu Brand?
            Brand adalah perasaan sesorang terhadap produk, pelayananm atau perusahaan. Brand diumpamakan sebagai sebuah kompetisi yang menciptakan banyak kontestan ( pilihan brad). Perusahaan mencari cara untuk menghubungkan secara emosional antara produk atau pelayanan yang mereka jual dengan diri konsumen. Demi menciptakan produk atau pelayanan yang tak tergantikan di hati konsumen sehingga pelanggan memiliki hubungan yang awet dengan perusahaan lewat perasaan "jatuh cinta", kepercayaan, dan keyakinan akan keunggulan sebuah produk atau pelayanan. 

            Kenapa perlu ada Brand?

o   Nagivation. Brand membantu orang memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dari kebingunanya dengan banyak pilihan produk.
o   Reassurance. Brand mengkomunikasikan kualitas produk dan meyakinkan konsumen bahwa meraka telah membuat keputusan yang tepat memilihi produk tersebut.
o   Engagement.Brand memiliki informasi tersendiri lewat bahasa, perumpamaan, dan asosiasi untuk mendorong konsumen mengenali produk.

Komentar

Postingan Populer