Apa itu branding?
Setiap
hari kita dipertemukan dengan pilihan. Baik keputusan untuk beraktivitas atau
pun memilih sesuatu. Seperti halnya, kita akan mengerjakan tugas, akan muncul
pilihan apakah kita ingin mengerjakan tugasnya sekarang atau nanti. Bila nanti,
apa yang akan kita lakukan sebelum mengerjakan tugas. Misalnya, kita ingin
makan dahulu sebelum mengerjakan tugas. Lalu akan muncul pilihan lagi, makanan
apa yang akan kita makan. Tanpa sadar kita setiap hari bahkan setiap detik
memilih. Sama halnya dengan merek, setiap hari kita selalu menjumpai merek.
Baik di rumah, di jalan, di sekolah, di kantor, di dunia maya, dan seterusnya.
Bahkan bisa dikatakan setiap detik kita selalu berjumapa dengan merek. Merek
ada di mana-mana, baik terlihat (barang) maupun tak terlihat (jasa). Kemudian
akan muncul pertanyaan kenapa semuanya itu perlu diberi "nama"
(merek), kenapa tidak dibiarkan saja kalau barang tersebut adalah nama umum
mereka. Misalnya, hanya akan ada kata "hanpdhone"
bukan "Nokia" atau "Samsung" atau "Apple". Untuk
lebih rincinya, kita akan mengetahui definisi dan kerja dari merek itu sendiri,
sehingga kita paham dengan pasti kenapa merek ini begitu penting hingga
membanjiri kehidupan kita.
Apa itu Brand?
Brand
adalah perasaan sesorang terhadap produk, pelayananm atau perusahaan. Brand diumpamakan sebagai sebuah
kompetisi yang menciptakan banyak kontestan ( pilihan brad). Perusahaan mencari cara untuk menghubungkan secara
emosional antara produk atau pelayanan yang mereka jual dengan diri konsumen.
Demi menciptakan produk atau pelayanan yang tak tergantikan di hati konsumen
sehingga pelanggan memiliki hubungan yang awet dengan perusahaan lewat perasaan
"jatuh cinta", kepercayaan, dan keyakinan akan keunggulan sebuah
produk atau pelayanan.
Kenapa perlu ada Brand?
o Nagivation.
Brand membantu orang memilih produk
yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dari kebingunanya dengan banyak pilihan
produk.
o Reassurance.
Brand mengkomunikasikan kualitas
produk dan meyakinkan konsumen bahwa meraka telah membuat keputusan yang tepat
memilihi produk tersebut.
o Engagement.Brand
memiliki informasi tersendiri lewat bahasa, perumpamaan, dan asosiasi untuk
mendorong konsumen mengenali produk.
Komentar
Posting Komentar