Pentingnya Pengalaman Konsumen



Pengalaman konsumen terhadap Brand menjadi bagian yang harus ditelusuri bagi tim Branding. Melihat dari kacamata konsumen, membantu tim terus membangun kesetian dan relasi yang awet pada setiap kontak kehidupan konsumen. Karena dalam setiap kontak tersebut, ada kesempatan untuk merebut perhatian dan mendorong konsumen untuk mencoba Brand tersebut. Pengalaman yang baik akan membentuk "alaram" yang postive dengan membuat konsumen mulai tertarik, namun pengalam an terburuknya, akan kehilangan kesempatan dan malah menghancurkan Brand. Contoh pengalaman konsumen adalah, adanya tempat yang dibangun khusus atau diadakan untuk meningkatkan kesadaran mereka, seperti Apple Store untuk pendidikan, mencicipi gratis makanan yang baru, dan kegiatan lainnya yang menarik perhatian konsumen.
            
Kondisi ini, dapat disimulasikan seperti orang yang menginap di hotel. Seseorang akan tertarik pada penginapan yang mensimulasikan konsumen tertarik pada sebuha Brand. Kemudian merencanakan, melakukan pemesanan, dan pergi ke hotel, yang mensimulasikan konsumen bertindak atau reaksi kosumen terhadap Brand. Setelah mereka masuk, fasilitas dan aktivitasnya di dalam hotel menjadi pengalaman yang dibangun oleh hotel untuk konsumen, yang mensimulasikan pula Brand memberikan pengalaman yang baik untuk konsumen. Hingga pada akhirnya mereka keluar dan mendapatkan sesuatu dari pengalaman mereka. Brand membangun pengalaman yang baik dan terus menjaga perasaan tersebut agar konsumennya kembali kepada Brandnya.

Komentar

Postingan Populer