Pentingnya Pengalaman Konsumen
Pengalaman konsumen terhadap Brand menjadi bagian yang harus
ditelusuri bagi tim Branding. Melihat
dari kacamata konsumen, membantu tim terus membangun kesetian dan relasi yang
awet pada setiap kontak kehidupan konsumen. Karena dalam setiap kontak
tersebut, ada kesempatan untuk merebut perhatian dan mendorong konsumen untuk
mencoba Brand tersebut. Pengalaman
yang baik akan membentuk "alaram" yang postive dengan membuat
konsumen mulai tertarik, namun pengalam an terburuknya, akan kehilangan
kesempatan dan malah menghancurkan Brand.
Contoh pengalaman konsumen adalah, adanya tempat yang dibangun khusus atau
diadakan untuk meningkatkan kesadaran mereka, seperti Apple Store untuk pendidikan, mencicipi gratis makanan yang baru,
dan kegiatan lainnya yang menarik perhatian konsumen.
Kondisi
ini, dapat disimulasikan seperti orang yang menginap di hotel. Seseorang akan
tertarik pada penginapan yang mensimulasikan konsumen tertarik pada sebuha Brand. Kemudian merencanakan, melakukan
pemesanan, dan pergi ke hotel, yang mensimulasikan konsumen bertindak atau
reaksi kosumen terhadap Brand.
Setelah mereka masuk, fasilitas dan aktivitasnya di dalam hotel menjadi
pengalaman yang dibangun oleh hotel untuk konsumen, yang mensimulasikan pula Brand memberikan pengalaman yang baik
untuk konsumen. Hingga pada akhirnya mereka keluar dan mendapatkan sesuatu dari
pengalaman mereka. Brand membangun
pengalaman yang baik dan terus menjaga perasaan tersebut agar konsumennya
kembali kepada Brandnya.
Komentar
Posting Komentar